1. Lakukan pemanasan sebelum bernyanyi

Pemanasan adalah hal penting saat bernyanyi, yang dilakukan saat pemanasan adalah latihan vokal dan pernafasan.

Bernyanyi dari diafragma hanya satu bagian dari keseluruhan cara bernanyi dengan benar, dan untuk mendapatkan suara yang bulat diperlukan latihan yang rutin.

Sebelum bernyanyi panjang, pastikan lakukan hal ini :

  • Ambil satu napas yang dalam dan tahan selama beberapa detik lalu lepaskan perlahan-lahan. Selama napas masuk, angkat tangan sampai kedua tangan saling bersentuhan, kemudian letakkan tangan ke bawah perlahan-lahan sambil membuang napas.
  • Lakukan tiga sampai lima kali. Mulailah dengan nada terendah yang dapat kamu nyanyikan lalu tingkatkan terus sampai ke nada tertinggi yang dapat kamu nyanyikan, tanpa memaksakan.
  • Jangan terburu-buru. Semakin lambat akan semakin baik. Latihan ini membantu kamu mengontrol napas dan memanaskan pita suara untuk bernyanyi.
  1. Berdiri dengan postur yang baik saat bernyanyi

Jagalah punggungmu agar tetap tegak, dan turunkan bahu. Mengapa bernyayi harus dengan postur yang benar? Karena untuk mengatur nafas memerlukan ruang yang luas agar teknik bernyanyi tetap terjaga.

  1. Rileks

Lihatlah di cermin ketika kamu menguap, lihat dan rasakan bukaan di tenggorokan kamu. Ini diperlukan ketika kamu bernyanyi, serileks mungkin. Untuk membiarkan udara mengalir lebih natural dari diafragma, kamu perlu berlatih menyanyi dengan tenggorokan lebih terbuka.

  1. Lafalkan konsonan

Konsonan yang sulit seringkali menjadi tidak terdengar ketika bernyanyi. Cobalah mengulangi pengucapan konsonan seperti "The tip of the tongue and the teeth and the lips." Nyanyikan frasa tersebut berulang-ulang dalam satu nada, sampai semua kata dapat terdengar jelas dengan dukungan pernapasan penuh dari diafragma.

Itu dia 4 tips untuk memperbulat suara kamu, semoga membantu dan tetap semangat ya!